Minggu, 07 Juli 2013

Berbeda-beda

Setiap orang memiliki cara berfikir yang berbeda-beda dan setiap orang mempunyai selera masing-masing. Saling menghargai dan saling pengertian adalah jalan menuju kerukunan antar sesama. Dalam kehidupan bermasyarakat akan menuntut berbagai rasa, entah itu rasa senang yang akan timbul atau bahkan rasa benci yang akan datang. Hal ini tergantung dari diri pribadinya masing-masing, jika rasa kemanusiaan tinggi maka ia akan memiliki rasa senang dalam hidup bermasyarakat dan begitu juga sebaliknya.
Coba kita renungkan sebentar, apakah kita bisa hidup seorang diri tanpa ada orang lain yang berada disebelah rumah kita? Alias tetangga. Dan siapa yang akan menolong kita disaat keluarga atau dirinya sendiri yang kena musibah?
Jawaban pertama adalah tidak mungkin hidup tanpa orang lain, pasti kita akan membutuhkan orang lain untuk teman bicara disaat kesepian dan teman curhat didalam kesulitan. Dan jawaban yang kedua pun serupa tidak jauh berbeda, dimana setiap musibah menimpa pasti kita akan pertama kali meminta tolong pada tetangga dan tetangga pun orang pertama yang akan membantu kita, sebelum sanak keluarga datang apalagi sanak keluarganya berjauhan bersama kita.
Disini kita memang membutuhkan orang lain dan disini juga kita bisa meminta bantuan. Masalah hal fikiran orang lain berbeda sama kita janganlah dibenci karena ia memiliki otak sendiri dengan secara otomatis ia akan memiliki pemikiran sendiri. Dan masalah hal selera yang berbeda itu bisa dianggap wajar, umumnya manusia memiliki selera masing-masing tinggal kita-nya yang harus bisa menghargai dan mengerti bahwa orang terdekat diantara masyarakat mempunyai rasa berbeda-beda alias setiap orang memiliki lidah untuk merasa dan hati untuk rasakan.
Jangankan dalam lingkungan yang begitu banyak orang, didalam keluarga pun pemikiran dan selera bisa berbeda-beda, contohnya dari anak. Pemikiran anak terkadang ada yang cepat menangkap dan ada juga yang lama untuk menangkap dalam fikiran-nya dan juga selera, setiap anak makan pasti ada yang doyan masakan itu dan ada juga yang suka makanan lainnya.