Senin, 15 Juli 2013

Komposisi Nafsu

Unsur jasmani yang tersusun daripada sejumlah anggota tubuh, urat-urat dan sel.
Dari unsur-unsur inilah terbentuknya tubuh manusia dan ini adalah bidang yang dikaji oleh calon dokter meneliti dan mengkaji fungsi-fungsi dan kekurangan-kekurangan yang berlaku kepadanya. Seorang dokter hendaklah mengetahui ilmu tubuh manusia secara mendalam supaya ia boleh melautkan kerja-kerja perbuatan yang bisa kita panggil dokter.
Unsur yang tidak dapat melihat (maknawi), yaitu komposisi yang menguasai unsur jasmani tadi, yang mendorong dan menggerakan anggota tubuh untuk melakukan apa juga tindakan zahiriah.
Maka tubuh-tubuh yang tergolong jasmani bagaimanapun jenis unsur-unsur yang ia terdiri daripadanya-kesemuanya tunduk kepada pedoman umum ini.
Maka apabila kita melihat tubuh bergerak, kita dapat ketahui dengan jelas bahwa disana ada unsur lain yang bukan unsur jasmani. Unsur yang dimaksudkan inilah yang mempengaruhi dan menggerakannya, itulah yang disebut unsur kegiatan atau unsur gerak yang berpangkal dari kekuatan-kekuatan tabiat.
Apabila gerak-gerak tubuh mengandungi sesuatu yang menunjukan untuk berpikir dan berbuat, kita dapat ketahui dengan mudah bahwa kekuatan yang menggerakan tubuh ini adalah kekuatan yang berakal lagi berbuat.
Kegiatan nafsu adalah salah satu fenomena kekuatan-kekuatan tabiat yang bekerja dialam, dan ia juga berperanan untuk mempengaruhi suatu benda. Ini seperti elektrik, magnet, cahaya, panas dan semua kekuatan alam tabii ini (tabiat). Tetapi kegiatan nafsu berbeda dengan kegiatan-kegiatan yang baru disebutkan, yakni ia adalah kekuatan yang berakal, merencanakan, memikirkan, menguasai dan mencipta. Karena itulah disebut insan itu insan, sebagaimana dikatakan seorang penyair:
Hadapkan-lah kepada jiwa itu
Dan sempurnakan-lah kelebihan-kelebihannya
Engkau manusia adalah disebabkan jiwa
bukan disebabkan tubuh
wahai yang berkhidmat kepada tubuh
Berapa banyak engkau berkorban untuknya
Apakah engkau tuntut keuntungan dari sesuatu
yang padanya terdapat kerugian.

Kedudukan nafsu yang maknawi itu jika dibandingkan dengan tubuh yang bersifat ke-bendaan adalah seperti kedudukan seorang penyanyi dengan alat-alat musiknya.
Nafsu dan tubuh paling melengkapi dan mempengaruhi.
Apa yang dirasakan oleh nafsu juga turut dirasakan oleh tubuh. Jika nafsu ber-penyakit maka tubuh pun ikut merasa sakit.
Mengkaji tubuh manusia adalah bidang pengkhususan calon dokter, kajian tentang kejiwaan ditinjau dari segi susunannya, tugas-tugasnya, perubahan-perubahannya (kesehatan, penyakit dan perawatannya) adalah tugas seorang psikaitri. Jika tubuh mempunyai berbagai-bagai unsur fisikal, maka nafsu pun mempunyai beberapa unsur yang tidak nampak (abstrak).