Senin, 22 Juli 2013

Pengertian Alquran

Syeikh Muhammad Khudari Beik merumuskan:
Alquran ialah firman Allah yang berbahasa Arab diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. untuk difahami isinya dan di ingat selalu, disampaikan kepada kita secara mutawatir, ditulis dalam mushaf dimulai surat Fatihah diakhiri surat Nas.

Definisi tersebut mengandung unsur-unsur bahwa Alquran adalah:

- Lafaznya berbahasa Arab;
- Diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW;
- Disampaikan secara mutawatir;
- Berbentuk mushaf dimulai surat Fatihah, diakhiri surat Nas.

Syeikh Muhammad Abduh mendefinisikan:

Alkitab yakni Alquran ialah bacaan yang telah tertulis dalam mushaf yang terjaga dalam hafalan-hafalan umat Islam.

Definisi tersebut dapat diuraikan:

- Alquran sebagai bacaan;
- Telah ditulis dalam mushaf;
- Terjaga dalam hafalan-hafalan umat Islam.

Banyak sekali rumusan mengenai Alquran, namun pada prinsipnya sama bahwa Alquran ialah Kalam Allah yang disampaikan dalam bahasa Arab, diturunkan secara berangsur-angsur melalui malaikat Jibril A. S. kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai mukjizat, disampaikan kepada kita penganutnya secara mutawatir, yang telah tertulis dalam mushaf Usmani dan telah dihafalkan secara baik oleh umat Islam sejak masa Nabi Muhammad SAW. hidup sampai akhir zaman, dimulai surat Fatihah diakhiri surat Nas, merupakan ibadah bagi yang membacanya, dan kafir bagi yang mengingkarinya.

Dengan demikian wahyu yang diturunkan kepada Nabi-Nabi selain Nabi Muhammad SAW. bukanlah Alquran. Begitu juga wahyu Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang bila dibacanya bukan merupakan ibadah (seperti hadist Qudsi) juga bukan Alquran.