Selasa, 09 Juli 2013

Bekali Diri Dengan Pendidikan

Pendidikan merupakan hal terpenting bagi kehidupan kita sebagai bekal hidup untuk menjadi orang yang berguna, baik bagi diri kita maupun keluarga, masyarakat dan juga bangsa. Oleh karena marilah kita secara bersama-sama mempelajari pendidikan yang baik untuk menyelamatkan kita dan generasi penerus keturunan. Hal ini harus diupayakan semaksimal mungkin menentukan pola pendidikan agar terarah.
a. Pendidikan agama.
Untuk mencetak pribadi dan sosok yang muslim, harus ditanamkan pendidikan agama. Dasar pendidikan agama yang pertama kali diterapkan adalah Aqidah. Ini sebagai pondasi dasar dari keyakinan dan keimanan yang tumbuh dalam jiwa kita sebagai manusia. Pemupukan aqidah begitu penting untuk menguatkan potensi keimanan diri kita. Pendidikan aqidah ini tentunya dengan memperkenalkan pada ilmu ke-Esaan Tuhan dengan sifat-sifat-nya.
b. Pendidikan umum.
Berbagai disiplin ilmu sebaiknya dikuasai oleh diri kita agar kelak lebih mudah terarah terhadap kecenderungan dalam menggali potensi yang berharga.
Dengan penguasaan pendidikan agama dan pendidikan umum diharapkan pribadi kita bisa dapat seimbang dalam berkiprah membangun masyarakat. Pendidikan agama sebagai basis keimanan dan kemantapan dari pendidikan umum. Sementara pendidikan umum merupakan upaya praktik membangun dunia. Dengan pendidikan agama yang dimiliki bertujuan agar kemampuan kita melihat fenomena tidak arogansi, tetapi justru memiliki etika-moral untuk membentengi kemampuan disiplin ilmu lain yang dikuasai. Ikatan ini menjaga agar intelektual dan kemampuan yang dimiliki tidak digunakan untuk hal-hal yang mendatangkan kerusakan dan bahaya. Karena sekarang banyak dijumpai orang yang intelek tetapi tidak bermoral.