Selasa, 16 Juli 2013

Kesempatan

Jika itu ada waktu dalam kesempatan hari ini maka cepatlah bertindak sebelum ketinggalan dan sebelum penyesalan tiba. Terkadang kesempatan hanya sekali dan terkadang juga kesempatan itu akan datang kembali. Bila tidak akan datang atau berharap agar datanglah yang berujung penantian hampa, maka lebih baiknya lakukan selagi ada kesempatan sekarang, sebab esok lupa atau nanti belum pasti akan datang kembali dengan terkecuali jika ada kabar pasti bahwa masih ada kesempatan yang akan datang.
Menunda-nunda akan menimbulkan ketinggalan dan merugikan diri sendiri yang berakibat penyesalan akan melanda membayangi-nya terus dengan penuh kesedihan, sebagaimana contoh bilamana dalam melaksanakan ibadah yang wajib untuk sebagai hamba-Nya selalu ditunda-tunda dan akhirnya waktu buat ibadah terlewati sedangkan waktu yang sudah berlalu tidak bisa diulang, maka orang itu akan mendapatkan kerugian baginya. Dari segitu itulah selagi masih ada waktu kesempatan buat dilaksanakan, maka laksanakan-lah segera mungkin dengan menunda segala kesibukan dalam beraktivitas sehari-hari.
Dimana kesempatan sekarang belum terkejar dan ada kepastian yang tepat bahwa besok atau kelak nanti kesempatan itu datang lagi, maka bersabarlah dan sambil mempersiapkan diri untuk meraih kesempurnaan yang didambakannya. Dengan kesabaran menunggu dan mempersiapkan untuk mendapatkan lagi kesempatan kedua seharusnya ber-waspada agar kelak kesempatan itu tidak terlewati lagi.
Banyak orang-orang pada umumnya jika mendapatkan kegagalan meng-harapkan bahwa nanti bisa mendapatkan kesempatan. Dan kegagalan itu dijadikan pedoman pengalaman buat menghadapi kedua kalinya.