Minggu, 22 September 2013

Jaminan Kesempurnaan Alquran

Alquran surat Alan'am ; 114-115

(114) Patutkah aku mencari hakim selain Allah, padahal Dialah yang menurunkan Kitab (Alquran) kepadamu yang terperinci, dan orang-orang yang telah Kami berikan kitab kepadanya, mereka mengetahui bahwa Alquran diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya, karena itu janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.

(115) Dan telah sempurnalah kalimat-kalimat Allah itu (Alquran) kalimat Tuhanmu yang penuh kebenaran dan keadilan, tidak ada yang dapat merubah kalimat-Nya dan Dia Mahamendengar lagi Mahamengetahui.

-PENJELASAN AYAT

Pada ayat 114 surat Alan'am, Allah SWT menegaskan bahwa tidak patut bagi orang Islam mencari hakim kepada selain Allah, karena sebenarnya Allah lah Hakim yang sebenarnya, yang telah menurunkan Kitab Alquran yang berisi ketentuan-ketentuan hukum yang begitu jelas dan terperinci, mana yang benar dan mana yang salah kesemuanya telah tercantum dalam Alquran. Kecuali itu bahwa para Rasul terdahulu yang telah mendapatkan kitab dari Allah SWT. mereka mengetahui bahwa Alquran itu diturunkan dari Allah SWT. dengan membawa kebenaran yang hakiki. Karena itu kita tak perlu ragu-ragu lagi dalam berhukum dengan Alquran.

Pada ayat 115 surat Alan'am, Allah SWT menegaskan bahwa kalimat-kalimat Allah yang penuh dengan kebenaran dan keadilan kesemuanya telah termaktub dalam Alquran dengan sempurna, tak ada orangpun yang mampuh merubah kalimat-kalimat Allah itu yang mempunyai nilai kebenaran dan keadilan yang mutlak, sebab kebenaran dan keadilan yang ditentukan manusia sifatnya nisbi, terbatas oleh ruang, waktu, situasi dan kondisi. Dan kita yakin bahwa Allah sedikit apapun tentu akan terbongkar dan tersisihkan, jadi jelasnya bahwa kesempurnaan Alquran benar-benar terjamin.

-KESIMPULAN ISI KANDUNGAN AYAT

* Umat Islam haram menetapkan hukum tanpa pedoman Alquran..
* Dalam Alquran termuat segala ketentuan hukum berserta penjelasannya.
* Tidak ada kebenaran dan keadilan yang bersifat mutlak dan sempurna dari keputusan hakim maupun selain keputusan dan ketetapan yang termaktub dalam Alquran.
* Kebenaran dan keadilan hukum Alquran benar-benar mutlak dan sempurna karena dijamin oleh Allah SWT.

SEMOGA BERMANFAAT